Jumat, 13 Mei 2016

Inilah Cara Mudah Meracik Sambal Oncom

Makanan Khas Bandung - Makanan oncom adalah makanan fermentasi yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi. Makanan khas Jawa Barat ini juga mudah ditemukan, pun murah harganya. Proses pembuatannya melibatkan beberapa jenis jamur makanan atau kapang. Mirip dengan proses pembuatan tempe, bedanya oncom siap setelah kapang menghasilkan spora, sementara tempe siap sebelum kapang menghasilkan spora.


Tentu perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora. Ada dua jenis oncom, yang berwarna kuning atau jingga dan oncom berwarna hitam keabuan. Oncom jingga biasanya terbuat dari ampas tahu. Teksturnya agak empuk dan ringan. Oncom hitam keabuan terbuat dari bungkil kacang tanah, agak keras, lebih berat namun lebih gurih.

Makanan atau masakan khas bandung paling enak bernama oncom dapat menjadi sumber alternatif asupan gizi yang baik. Kandungan karbohidrat dan proteinnya cukup tinggi. Ragi oncom yang baik mampu menguraikan struktur kimia dalam kacang tanah menjadi senyawa yang lebih sederhana melalui proses fermentasi, sehingga lebih mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Karenanya mengonsumsi oncom baik untuk kesehatan. Tribun melansir penelitian yang dilakukan Rani Susanti dan empat rekan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Sumber Artikel : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar