Rabu, 27 April 2016

Enaknya Racikan Salad yang Diadaptasi dari Kuliner Belanda

Kuliner Solo - Ruangan wisata kuliner ​Belanda​ serta mempengaruhi kuliner Solo terutama dari kalangan keraton​. ​Racikan salad​ ini memanfaatkan semur bergaya Jawa Belanda. Olahan sayuran dan semur daging khas Solo ini konon ​di​adaptasi dari hidangan Belanda. Wujud percampuran masakan berkuah dari Barat dengan selera lokal. Akan pun dikatakan fusion antara biefstuk, ​semur, ​salad dan sup.


Bersama mendengar kata "selat" mungkin ubahan dari kata "salade" atau "sla" dalam bahasa Belanda. ​Racikannya terdiri dari wortel rebus, buncis, telur (rebus/pindang), irisan tomat, keripik kentang/kentang goreng, dan bawang merah. Ada serta yang menggunakan acar timun agar ada sentuhan asam segar. Irisan daging sapi serta semakin menyempurnakan selat Solo. Version ori racikan selat menggunakan daging gandik sapi atau paha belakang yang tak mengandung lemak dan seratnya panjang.

Yang Merupakan pelengkap ruang makanan enak di Solo selat Solo berupa siraman kuah semur berwarna cokelat pekat yang manis gurih​ lantaran memanfaatkan kecap manis​. Diracik dari bawang, cengkih, kayu manis, pala, merica, gula dan garam. ​Bumbunya serupa semur daging.​ Adapun citarasa khas selat Solo didapat dari pemakaian dressing campuran mayones dan mustard yang asam segar. Pemakaian mustard termasuk juga jejak pengaruh dari Eropa. ​Diwaktu menyantap​ kuah semur diaduk bersama dressing supaya semakin nikmat.

Sumber Artikel : halomuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar