Minggu, 19 Juni 2016

Wow, Curug Dago Jadi Sasaran Pencari Batu Akik

Wisata Bandung - Wah, ternyata fenomena batu akik di tanah air mengakibatkan sejumlah situs cagar budaya di Jawa Barat dikhawatirkan akan menjadi sasaran perburuan batu. Kawasan situs Curug Dago tempat persinggahan Raja Thailand Chulalongkorn(Rama V) serta Pangeran Prajatthipok Paramintara (Rama VII) dari Dinasti Chakri beberapa pekan terakhir jadi sasaran pencari batu.


Inilah kata mereka, “Fenomena akan khasiat batu akik ini menjadikan sejumlah situs cagar budaya di Jombang dan Pacitan Jawa Timur menjadi sasaran karena berbagai isu khasiatnya, dan saya khawatir hal tersebut juga terjadi di Jawa Barat ini, ternyata benar saja Situs Curug Dago yang jadi patilasan Raja Thailand menjadi incaran para penggila batu akik,” ujar Kepala Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional (BPKSNT) Jabar, Agus E. Hanafiah, Jumat (6/3/2015), saat meninjau langsung lokasi Situs Curug Dago di Kel. Dago Kec. Coblong Kota Bandung, dan menerima penjelasan dari Abah Lili juru pelihara (jupel) Situs CurugDago.

Aksi para pemburu batu kawasan tempat wisata di bandung yang populer dengan nama situs Curug Dago, tepat di tebing samping Sala Thai (rumah khas Thalinad) yang menaungi situs Raja Thailand Chulalongkorn(Rama V) serta Pangeran Prajatthipok Paramintara (RamaVII) dari Dinasti Chakri. Babatuan yang menonjol akibat kikisan air beberapa ada yang langsung di cokel dan yang ukuran besar dipotong dengan alat pemotong.

Source : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar