Senin, 08 Januari 2018

Tentang Sejarah Gudeg, Sayur Khas Yogyakarta yang Mendunia

Gudeg Paling Enak di Jogja - seandainya bicara berkenaan kuliner Jawa, ada tidak sedikit kuliner yang sanggup memanjakan lidah. baik di di Jawa Barat, Jawa tengah hingga Jawa Timur, jalan berlawanan memiliki kuliner distingtif yang tidak cuma populer di tempat asalnya sekalipun tambah di jurusan

Gudeg menjadi salah satu kuliner tunggal Jawa khususnya awal Yogyakarta yang umum gaya-gayanya yang nendang, eksklusif dan permai menghasilkan semua wong suka gudeg. Dilansir dari page nationalgeographic.com, gudeg jadi salah wahid makanan tradisional yg mempunyai potensi gede dan utama keberadaannya. Gudeg, serta jadi ikon kuliner kota Yogyakarta yg tak mampu diremehkan demikian saja.


tatkala ini memang lah belum dijelaskan dengan cara tergerai dengan cara apa awal kemunculannya. diungkapkan oleh Murdijati Gardjito, seseorang profesor yang menjabat sebagai peneliti di udel Kajian Makanan Tradisional (PKMT), pusat menggali ilmu Pangan dan vitamin UGM, sekaligus pengarang buku berjudul Gudeg Yogyakarta, sejarah kemunculan gudeg di Yogya dimulai berbetulan dengan dibangunnya kesultanan Mataram Islam di alas Mentaok, di negeri Kotagede sekitar abad 15.

kala pembangunan kerajaan Mataram di alas Mentaok, tidak sedikit tanaman ditebang. Di antara pohon nangka, kelapa dan melinjo. sebab buah nangka, kelapa dan melinjo melimpah, tamtama membuatnya juga sebagai masakan yg akhirnya jadi gudeg," terang Murdijati.

sebab disaat memasaknya mesti diaduk atau dalam bahasa jawa disebut Hangudek, maka diberilah nama masakan dari nangka belia ini gudeg. Masakan khusus Yogyakarta ini lagi tercatat dalam karya sastra Jawa Serat Centhini. Di sini, diceritakan lebih kurang th 1600an, pangeran di kesultanan yg ada di Klaten menyuguhi tamunya dengan bermacam macam masakan salah satunya yaitu gudeg.

Sumber Artikel : https://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar